STRATEGI MEDIA

STRATEGI MEDIA

Bambang Hendro Samekto

 

Strategi media adalah salah satu metode penting dalam komunikasi modern. Strategi ini bisa digunakan dalam peningkatan Kesadaran Publik dalam PRB. Dalam strategi media, saluran medianya adalah media massa ini terdiri dari: Media Above the Line, Media Below the Line dan Media Through the Line.

Media Above the Line adalah media komunikasi massa yang dalam satu kali penayangan, siaran atau penerbitan dapat menjangkau publik secara sangat luas dan serentak dalam waktu singkat dan bersamaan. Isi tayangan, siaran dan penerbitan media ini bermacam-macam dan tidak satu jenis.

Media komunikasi ini terbagi dalam dua jenis, yaitu:

(a) media elektronik, seperti televisi, radio, media  sosial: website, blog, ‘facebook, ‘twitter’, ‘instagram‘ atau ‘youtube’.

(b) media cetak, seperti surat kabar, majalah dan tabloid. Meskipun efektif dalam menjangkau kelompok sasaran secara luas, serempak dan dalam waktu relatif singkat namun untuk media massa komersial akan membutuhkan biaya yang banyak. Oleh karena itu orang banyak beralih ke media sosial.

Media Below the Line adalah media komunikasi yang dapat menjangkau publik atau kelompok sasaran secara terbatas, tidak selalu dalam waktu singkat dan bersamaan, dibuat dalam jumlah terbatas.

Umumnya bentuk alat fisik media terdiri dari dua macam, yaitu:

(a) media cetak, seperti leaflet/brosur, booklet atau fact sheet; dan

(b) media elektronik, seperti audio atau video cassette, compact disk (CD) atau flash disc, telepon genggam

 

Media Through the Line adalah media komunikasi massa di mana publik dihadapkan kepada paparan, tayangan atau siaran langsung di jalan raya, di dalam kendaraan dan terminal angkutan umum, tempat atau ruang pameran. Contoh media through the line adalah poster, billboard, neon sign, videotron, siaran melalui pengeras suara, atau contoh barang/produk.

Perancang kegiatan harus dengan teliti memilih media yang sesuai yang akan digunakan untuk mencapai hasil program Peningkatan Kesadaran Publik dalam PRB secara maksimal.

Perlu diketahui bahwa masing-masing media mempunyai kekuatan dan kelebihan serta kelemahan dan kekurangan dibanding dengan media lain.

Sebagai contoh televisi merupakan media yang paling disukai masyarakat. Televisi dianggap efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Dalam satu kali tayangan televisi dapat menjangkau ribuan bahkan jutaan orang. Kekurangan televisi ini adalah biaya produksi dan tayangnya yang mahal. Namun bila biaya ini dibagi dengan jumlah pemirsa yang dapat dijangkau maka relatif biaya ini menjadi murah per orangnya.

Dibanding dengan TV biaya produksi dan biaya tayang radio lebih murah. Saat ini radio kurang populer. Surat kabar mempunyai kelebihan karena dapat dibaca oleh beberapa orang dalam satu rumah tangga. Namun jumlahnya yang terbatas, mahal harganya bagi penduduk desa serta diperlukan kemampuan membaca membuat surat kabar sedikit peminatnya.

Leaflet, booklet dan poster hanya bisa diproduksi dan didistribusikan secara terbatas sehingga jangkauannya juga terbatas.

Media sosial saat ini banyak dipakai untuk Peningkatan Kesadaran Publik dalam PRB. Media sosial dianggap ampuh untuk menjangkau masyarakat secara luas dan dalam waktu singkat dan juga karena biayanya sangat murah.

Diagram di bawah memperlihatkan matrix media komunikasi, alat/bahan (material) dan isi kegiatannya:

 

Media Above the Line Media Below the Line Media Through the Line
Media Elektronik:

Televisi

· Talk Show

·  Variety Show

·  Fitur

·  Liputan Mendalam

·  Berita

·  Iklan layanan masyarakat (ILM)

·  Press Tour

·  Running Text

Media Cetak:

– Leaflet/Brosur

·  Booklet

·  Buku pedoman

·  Buku petunjuk

·  Lembar balik (Flipchart)

·  Fact Sheet

·  Advertorial

·  Jurnal

·  Kartu Ucapan

 

·  Media di  Halte Bus, Terminal Bus, Stasiun KA, Bandara

·   Media di luar badan kendaraan transportasi umum seperti mobil, bus

·   Neon Sign

·   Poster, Billboard, Ballyhoo, Banner  (spanduk)

·  Contoh barang/ produk

·  Siaran melalui pengeras suara

·  Videotron atau tayangan/simulasi video

·  Unit Informasi Bergerak (Mobile Unit)

Radio

· Talk Show

·  Variety Show

·  Feature

·  Liputan Mendalam

·  Berita

·   Iklan layanan masyarakat (ILM)

·  Press Tour

·  Drama Radio

Media Elektronik

·  CD Rom

·  Video CD dan Kaset

·  Audio CD dan Kaset

Media Sosial: Website/Blog/Face Book/ Twitter/Instagram/Telegram/WA

· Artikel

· Berita

· Laporan Mendalam

· Konsultasi

· Informasi

· Interaktif

Media Cetak

Surat kabar/Majalah/

Tabloid

·  Artikel

·  Iklan

·  Laporan Mendalam

·  Berita

·  Iklan layanan masyarakat (ILM)

·  Konsultasi

 

Silakan kirim komentar dan pertanyaan ke:

bambanghsamekto@gmail.com

Komentar dan pertanyaan tidak akan dipublikasikan.